How To Be A Good Announcer

Category: Radio

Oleh : Rania Angela Mahendra

Halo Rebelibers!

Kali ini, UBV Radio ingin sharing nih sama kalian menjadi cara menjadi announcer radio yang baik. Selama ini mungkin temen-temen sekalian banyak yang udah nyoba jadi announcer radio atau sekadar berlatih, tapi gimana sih cara jadi announcer radio yang baik? Berikut tipsnya!

  1. Percaya Diri

Tips jadi announcer radio yang baik diantaranya yaitu harus percaya diri ya, Rebelibers. Dalam berbagai kondisi dan situasi saat siaran, seorang announcer radio yang baik harus mampu membawa suasana siaran agar menjadi suatu hal yang menarik bagi para pendengarnya. Itulah mengapa percaya diri menjadi hal yang penting, Rebelibers. Jika memiliki masalah dalam hal ini, Rebelibers bisa melatihnya dengan sesama rekan program maupun sesama rekan announcer lainnya.

  1. Berbekal Pengetahuan Dasar Radio

Seorang announcer radio tentunya harus membekali dirinya dengan berbagai hal seputar aktivitas siaran ya, Rebelibers. Bekal pengetahuan dan teknis tentu menjadi hal yang utama. Hal ini untuk menunjang kegiatan siarannya agar tidak sekedar berbicara tanpa arah. Itulah kenapa di UBV Radio kakak-kakak dan abang-abang senior selalu mengarahkan announcer UBV Radio mengenai teknisnya, agar tidak terkesan berantakan dan unprepared.

  1. Berpengetahuan Luas

Seorang announcer baiknya adalah orang yang memiliki pengetahuan yang luas, haus akan pengetahuan dan hal-hal baru serta update dalam berbagai hak terbaru yang sedang kekinian. Hal ini diperlukan guna menjadi bahan pembicaraan yang tak ada habisnya pada saat On Air.

  1. Menyukai Musik

Dunia penyiaran radio tentu tidak bisa terlepas dari musik, karena merupakan daya tarik sendiri bagi pendengar. Oleh sebab itu, seorang penyiar haruslah memiliki kecintaan terhadap musik serta memiliki pengetahuan yang baik tentangnya.

  1. Sikap yang Baik

Pekerjaan seorang penyiar tentu tak hanya siaran dan cuap-cuap semata. Lebih dari itu, Tips jadi  announcer radio harus menjaga tingkah lakunya baik saat berbicara secara on air maupun dalam berbagai aktivitasnya. Seorang penyiar harus mampu menyaring hal-hal yang pantas dan tidak pantas untuk dibicarakan pada saat siaran.

Nahh sekian nih Rebelibers sekalian ulasan mengenai langkah-langkah atau cara menjadi seorang announcer radio! Mulai dari hal-hal dasar yang perlu diperhatikan, hal-hal teknis yang menunjang skill announcing kalian dan juga langkah-langkah untuk menjadi seorang announcer ya Rebelibers! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian Rebelibers, see you!

UBV,  KREATIFITAS TANPA BATAS!

Source : Cili Tami, Phi Radio