How to Create Interesting Podcast Episodes? 10 tips to make your podcast look interesting and attract more listeners.

Category: Radio

Oleh : Alifia Berizky

Halo Rebeliebers! Konten podcast yang menarik itu membutuhkan kreativitas dan kerja keras yang gak sedikit. Hal paling penting yaitu konten konten kita merupakan konten yang sekiranya dapat membuat penggemar tertarik. Membahas sesuatu seperti trend misalnya dapat menjadi salah satu kiat pendengar merasa tertarik untuk mendengarkan podcast kamu. Nah jangan khawatir karena kita disini bakalan hadir buat ngasih beberapa tips nih! so keep reading ya mwach!

 

  1. Jadilah diri sendiri

Ini mungkin terdengar seperti nasihat klise, tapi ini penting!

 

kamu mungkin tergoda untuk membesar-besarkan satu sisi kepribadian kamu, atau membumbui perilaku yang menurut kamu disukai orang. Tetapi jika kamu ingin membuat konten podcast yang benar-benar menarik, yang terbaik adalah menjadi diri kamu sendiri. Jika kamu mencoba menjadi orang lain, kamu pasti akan terlihat tidak autentik dan pendengar selalu tahu saat kamu tidak jujur.

 

  1. Bicarakan tentang hal-hal yang kamu minati!

Ini mungkin terdengar jelas tetapi memilih topik yang kamu suka bicarakan adalah hal terpenting dalam podcasting. Ini tidak hanya membantu kamu menghasilkan konten yang menarik tetapi juga merupakan faktor kunci dalam membuat episode baru secara konsisten untuk dinikmati audiens kamu. Selain itu ini dapat membuat kamu mempunyai personal branding tersendiri sehingga ketika orang mendengar podcast kamu dia juga seakan akan mempunyai title tersendiri untuk kamu!

 

Jika kamu kesulitan untuk melibatkan penonton, ambil langkah mundur dan tinjau tema podcast kamu. Lebih baik memulai podcast baru berdasarkan topik yang kamu sukai daripada berkomitmen pada sesuatu yang membuat kamu bosan.

 

  1. Ceritakan banyak cerita atau Cerita ber season!

Cerita adalah cara ampuh untuk terhubung dengan audiens kamu. Mulailah dengan alur cerita tiga babak stkamur, dimulai dengan penyiapan, pembangunan hingga konfrontasi, dan akhirnya diakhiri dengan resolusi. Untuk mengisi setiap segmen, cobalah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: Kesulitan apa yang dihadapi? Tantangan apa yang berhasil diatasi? Pelajaran apa yang dipetik?

 

Ketika cerita tersebut menarik dan berseason itu akan membuat pendengar lebih teratrik dan tema podcast kamu pun tidak akan menjelajah jauh karena temanya sudah jelas. Namun pastikan bahwa setiap segmen diikuti dengan cerita gantung sehingga membuat pendengar lebih penasaran!

 

  1. Fokus pada audiens target kamu

kamu tidak dapat membuat podcast yang menyenangkan semua orang. Sebaiknya persempit fokus kamu pada avatar pendengar tertentu yang akan mendapatkan nilai maksimal dari konten kamu.

 

Untuk inspirasi, teliti opsi topik di berbagai tempat seperti forum yang relevan atau grup online yang terkait dengan audiens target kamu. Atau baca komentar di postingan sosial podcast kamu atau tambahkan lebih banyak warna pada topik populer dari episode sebelumnya. Lebih baik lagi, tanyakan penggemar kamu secara langsung – gunakan daftar email dan halaman sosial kamu untuk meminta masukan pendengar tentang apa yang ingin mereka dengar.

 

Setelah kamu memiliki beberapa ide di atas kertas, pelajari masing-masing dan tanyakan pada diri kamu apakah kontennya berfokus pada kebutuhan pendengar kamu. Akankah itu menambah nilai bagi hidup mereka? Akankah itu membuat mereka menjadi orang yang lebih baik dalam beberapa hal? Akankah mereka duduk dan mendengarkan seluruh episode? Apakah ini konten yang mereka idamkan?

 

  1. Ajukan pertanyaan pendengar kamu dan laporkan tanggapan mereka

Podcasting mungkin merupakan media satu arah, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan sedikit partisipasi penonton. Ajukan pertanyaan terbuka dan jelaskan bagaimana jawaban penonton kamu akan ditampilkan di episode mendatang. Arahkan mereka ke tempat sentral untuk mengumpulkan tanggapan mereka seperti di bagian komentar di situs web podcast kamu atau di seluruh saluran media sosial kamu.

 

Manfaat dari pendekatan ini ada dua manfaatnya – kamu menerima konten podcast yang menghibur dan audiens kamu akan senang jika jawaban mereka dibacakan secara langsung di acara kamu.

 

  1. Beri tahu penggemar kamu di mana untuk mempelajari lebih lanjut

kamu tidak dapat mencakup semuanya dalam segmen 30 atau 45 menit, tetapi pendengar kamu mungkin masih memiliki pertanyaan tentang topik atau masalah yang kamu liput. Konten podcast yang paling menarik membantu pembaca menjelajah lebih jauh dan memberi mereka cara untuk mempelajari lebih lanjut.

 

Untuk setiap episode, pikirkan tentang sumber relevan yang dapat kamu arahkan ke pendengar nanti. Contohnya termasuk artikel yang relevan, video YouTube, atau buku yang membahas topik tersebut lebih dalam.. Selain itu, tambahkan sumber tersebut  ke catatan acara kamu untuk cara lain bagi audiens kamu untuk mengakses informasi dengan mudah.

 

  1. Undang pakar/ tamu unik ke acara kamu

Carilah tamu yang memiliki cerita menarik untuk diceritakan, tetapi kurang terkenal. Pelajari sebanyak mungkin tentang mereka sebelum kamu merekam sehingga kamu dapat mempersiapkannya e pertanyaan cerdas, daripada mencoba mengajukan hal-hal menarik untuk dikatakan saat itu juga. Pertanyaan kamu harus menantang tamu kamu untuk mendapatkan jawaban yang unik sehingga wawancara kamu tidak terdengar seperti wawancara lain yang mereka berikan.

 

Selain itu, mengundang tamu dapat membuat pendengar tertarik apalagi jika tamu tersebut sedang naik daun! hahahha itu bisa menarik lebih banyak pendengar melalui fans fans tamu tersebut! Pastikan topik yang kamu bawakan juga menarik.

 

  1. Buat audio kamu sempurna

Ini tidak perlu dikatakan, tetapi orang tidak terlibat dengan audio yang terdengar buruk. Ini mengganggu, meresahkan, dan memberi pendengar baru alasan yang sangat mudah untuk berhenti mendengarkan. Sempurnakan rekaman kamu dengan peralatan yang tepat dan coba teknik kami untuk menangkap audio yang lebih jernih saat pertama kali kamu duduk di belakang mikrofon.

 

  1. Another bonus tips! Jangan lupa taruh gimmick di Judul podcast atau segmen kamu!

Tips ini dapat membuat penggemar semakin tertarik dengan topik yang kamu bawakan! Cukup satu kalimat yang merepresentasikan topik kamu dan voila! Disitulah pendengar datang dan penasaran!

 

  1. Share to other Social Media!

Kalian bisa taruh question box on instagram atau other social media kalian sehingga pendengar merasa diajak komunikasi dan excited! Selain itu mereka jadi gak ketinggalan deh buat dengerin kalian!

 

Nah Rebeliebers, itulah tips tips yang bisa kita kasih dan kalian terapin agar podcast kalian bisa jadi lebih menarique dan banyak pendengar! Semoga bermanfaat ya artikel dari kita kali ini! bye byeeee-