Yuk Maksimalkan Keproduktifan Kerja di Hari Senin

Category: Daily Life

Oleh : Alfi Yulaika

7 Monday Tips to Get Your Week Off to a Great Start | LiquidPlanner

Sumber gambar: liquidplanner.com

 

Jakarta – Siapa sih yang suka lemas waktu dengar kata “Senin”? Hari Senin dianggap hari yang berat untuk memulai sesuatu setelah rehat di akhir minggu. Kamu pernah dengar yang namanya Monday blues? Itu adalah sebutan untuk orang-orang yang nggak semangat dan ketidaksiapan mental untuk menghadapi hari senin karena mungkin banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan di awal minggu tersebut. Nah, gimana sih caranya agar kamu siap menjalani hari Senin dengan keproduktifan? Berikut tipsnya!

1. Membuat To Do Lists Mingguan

How To Write A To Do List That You'll Actually Stick To

Sumber gambar: forbes.com

 

Agar kamu lebih siap menghadapi hari Senin, coba deh buat daftar hal yang akan kamu lakukan selama seminggu ke depan. Hal ini penting banget lho, karena dengan kamu buat daftar hal, kamu gak akan lupa akan tugas yang harus kamu lakukan. Buat daftar hal dengan skala prioritas agar kamu tau mana yang harus dilakukan terlebih dahulu dan mana yang bisa dilakukan nanti.

2. Tidur yang Cukup

The Need for Good Sleep. Good sleep is necessary for optimum… | by Udeme  Udofia | Medium

Sumber gambar: medium.com

 

Tidur yang cukup penting banget untuk kesehatan dan daya tubuh kamu. Jika jam tidur kamu cukup dan teratur kamu akan merasa lebih semangat dan siap untuk menjalani hari-hari. Untuk kamu yang suka banget begadang, kurang-kurangi ya waktu begadangnya karena hal itu bisa buat tubuh jadi mudah capek dan pegal. Untuk mengurangi begadang, kamu bisa atur jam kerja kamu, jangan sampai kamu bekerja di jam tidur ya xixixi.

3. Olahraga Teratur

Saran Olahraga bagi Penderita Darah Tinggi

Sumber gambar: AyoPurwakarta.com

 

Sempatkan waktu untuk olahraga paling tidak 30 menit perhari nya sebelum beraktivitas karena olahraga bisa membuat suasana hati kamu lebih baik dan bisa mengurangi stress juga lho. Kalau kamu tipe orang yang malas olahraga di luar ruangan, kamu bisa mencoba workout atau zumba dance dengan melihat instrukturnya dari YouTube.

4. Istirahat di Tengah-Tengah Kesibukan

7 Alasan Jam Istirahat Itu Mutlak Hukumnya. Yang Masih Makan Sambil Kerja,  Wajib Baca!

Sumber gambar: hipwee.com

 

Jika hari Senin mu sangat sibuk, tetap sempatkan waktu untuk istirahat. Jangan terlalu keras terhadap diri kamu sendiri. Hari kerja akan terasa lebih cepat dan kamu akan semakin produktif jika memiliki waktu untuk beristirahat di sela-sela kesibukan. Sempatkan waktu paling tidak 30 menit untuk kamu menenangkan pikiran, menikmati secangkir kopi, atau bercengkrama dengan temanmu. Paling tidak hal itu dapat membuat pikiranmu ga mumet dan stres sendiri.

5. Bersyukur 

Gracious & Grateful | 10000 Beds

Sumber gambar: 10000beds.org

 

Hal terpenting adalah bersyukur karena bersyukur adalah kunci dari kebahagiaan. Bersyukur seperti apa sih? Bersyukur karena kamu masih diberi kesempatan untuk menjalani hari dan bersyukur karena kamu masih bisa bekerja atau belajar karena masih banyak lho orang di luar sana yang bingung mau menghabiskan waktunya seperti apa. Kalo mau ngeluh gapapa sih, tapi jangan sering-sering dan ngeluh yang berlebihan ya.

 

Sekian tips untuk memulai dan menjalani hari Senin yang produktif. Gimana? Sudah siap kan menghadapi hari Senin kamu?

Have a nice day people!:)