Stage Bus Jazz Tour Kembali Hadir Dengan Konsep Baru

Category: UBV Jakarta Events

dsc-0056-14a5409bd11b1fcf652b5d95c570020d

Mayoritas orang beranggapan sebuah konser music jazz biasanya dikenal dengan tempat-tempat yang mewah atau café yang nyaman, namun kini hadir festival musik Jazz unik yang membuktikan bahwa music jazz bisa dinikmati dimana saja. Festival musik Jazz ini berjudul “The Stage Bus” yang dipersembahkan oleh MLDSPOT sejak tahun 2015. Stage Bus Jazz Tour (SBJT) ini mulai menghibur pecinta musik Jazz perdananya di Jawa dan Bali dari tanggal  11 September sampai  29 November 2015. Sesuai namanya, festival Jazz ini diadakan di atas panggung berjalan berupa bis spesial yang didatangkan dari Belanda yang sudah di design pada tahun 2000 oleh insinyur teknik elektro dan artis visual Aart Marcus. Bis tersebut juga dilengkapi dengan Grand Piano, panggung drum, backdrop, pencahayaan serta sound system. Hal unik yang juga membedakan festival jazz yang lain adalah para pecinta Jazz lebih merasa dekat dengan sang performer di atas panggung.

            Setelah sukses dengan tour perdananya dan mendapat respon baik oleh penikmat music jazz, akhirnya Stage Bus Jazz Tour menjadi festival tahunan yang rutin digelar oleh MLDSPOT. Pada tahun pertamanya, Stage Bus Jazz Tour resmi dimulai dari Jakarta dan beragam tanggapan bermunculan setelah konser pertama digelar di La Piazza, dan dilanjut ke Gandaria City dan Teras Kota. Festival ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat karena menghadirkan konser music jazz yang unik, berkualitas dan menjadi ajang unjuk kebolehan bagi musisi tanah air. Pada tahun 2015, Stage Bus Jazz diramaikan oleh Syaharani, Sandhy Sandoro, Indra Lesmana, dan Tompi. Tak lupa dengan grup jazz dengan improvisasi piano jazz modern, MP3trio dengan atmosfir klasiknya. Mp3trio juga menggandeng pemain drum legendaris Benny Mustafa , pemain basis Jeffrey Tahalele  dan sang pianis Rene van Helsdingen. Selain pertunjukan music, MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour juga menghadirkan standup comedy dari komika profesional Indonesia dan juga menggelar foodtruck festival di beberapa kota.

sb-c4e62fea5859d83985f20313f3e81ec1

            Pada tahun 2016, MLDSPOT menggelar Press Conference untuk menjelaskan Stage Bus Jazz Tour 2018 dan juga memperkenalkan para pemenang audisi MLDARE2PERFORM yang sekarang lebih dikenal sebagai MLD Jazz Project yang setelahnya tampil bersama musisi jazz lainnya di Java Jazz Festival 2016. Press Conference tersebut dibuka dengan penampilan MLD Jazz Project yakni Kiara Riz, Michael Setiawan, Karell William, Agil, Mikail Cendikia, dan Rizal. Selanjutnya MLDSPOT  mengungkapkan akan memberikan konsep baru untuk Stage Bus Jazz Tour 2018 yaitu berupa MLDSPOT Main Stage yang akan diisi dengan penampilan MLD Jazz Project, Stage Bus Performance, MLDSPOT Art & Sound Experience dimana pengunjung dapat merasakan berbagai macam alat musik dan MLDSPOT The Beat. Festival dimulai dari Jakarta, Tasikmalaya, Cirebon, Magelang, Surabaya, Purwokerto, Semarang, Denpasar hingga ke Tangerang. Menjadi suatu hal yang menarik dari tahun sebelumnya karena kota yang disinggahi tidak hanya kota-kota besar saja. Teza Sumendra, Yura Yunita, Bonita and the HUSband, MP3 Trio,  White Shoes and the Couples Company, Syaharani and the Queenfireworks serta Djaduk Ferianto turut mengisi Stage Bus Jazz Tour 2018.

         Ditahun ketiga, salah satu konsep ditahun sebelumnya yaitu MLDSPOT Art & Sound Experience kembali memeriahkan Stage Bus Jazz Tour 2017, hanya saja instalasinya tidak hanya menggabungkan antara musik dan seni, tapi terdapat juga unsur teknologi didalamnya. Berbagai macam karya seni atraktif seperti robot, interactive wall, patung, typografi dan juga tembok memorabilia yang menampilkan para musis-musisi legendaris Indonesia. Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, Stage Bus Jazz Tour 2017 menghadirkan musisi jazz papan atas, foodtruck, dan berbagai games. Namun ada beberapa hal yang berbeda pada Stage Bus Jazz Tour 2017, yaitu lebih banyak pulau dan titik yang dikunjungi, dan menggunakan bus baru yang dibuat sendiri oleh MLDSPOT selama 3 bulan di Magelang. selain itu terdapat acara special di Surabaya dimana ada kolaborasi dengan creativepreneur Indonesia yang menunjukkan produk local, serta adanya performance dari band pendatang baru yang memiliki skill bermusik yang luar biasa, yakni Current Mood, Just One dan Equinox. Pada Stage Bus Jazz Tour 2017, dihadiri oleh monita Tahalea, Tomorrow People Ensemble, Payung Teduh, Rendy Pandugo, MLDJAZZPROJECT, Abdul & The Coffee Theory, Grace Sahertian, HIVI, Kua Etnika, SORE, Amelia Ong, The Overtunes, Bubugiri, CURRENT MOOD, Kunto Aji, Andira, JUST ONE, Jaz, Sandy Sandoro, Danilla, EQUINOX, Teddy Aditya, Barasuara, Citra Scholastika, Barry Likumahuwa, Brianna Simorangkir, Jordy Waelauruw, Endah n Rhesa, Yura Yunita, Teza Sumendra dan Mocca.

82c3fda9-6160-435b-96d2-62d5148bb23b_0_0

Ditahun ini, Stage Bus Jazz Tour kembali hadir dengan misi yang sama yaitu memperkenalkan musik jazz ke berbagai kalangan. Tour dimulai dari tanggal 28 Juli sampai 20 Oktober yang akan mendatangi 21 titik mulai dari pulau Jawa, Sumatra sampai Nusa Tenggara Barat. Akan ada konsep yang berbeda ditahun ini, seperti pemodifan bus dengan menambahkan podium untuk para musisi dibagian depan bus, agar lebih dekat dengan penonton dan leluasa untuk melakukan stage-act. Selain itu akan ada kolaborasi yang menarik dimana puluhan musisi hadir untuk menghibur Stage Bus Jazz Tour 2018, mulai dari Marcell, Pusakata, Maliq n d’essentials, The Groove, Jaz, GAC, Barasuara, Danilla, Fourtwnty,  Rendy Pandugo, Kunto Aji, Rizky Febian, Sheryl Sheinafia, Indro Hardjodikoro, Syaharani and Queenfireworks, Nikita Dompas Bertiga, Aksan Sjuman Trio, Devian Zikri, Monita Tahalea, Ten2Five, Bass G, MarcoMarche, NonaRia, Gloria Jessica, Chiki Fawzi, dan MLDJAZZPROJECT. Hal menarik lainnya adalah akan ada beberapa spot yang instagramable seperti 3D Pin dan Infinity spot, yang nantinya juga akan ada photo contest  selama acara berlangsung dan pengunjung berkesempatan mendapatkan hadiah. Stage Bus Jazz Tour 2018 juga akan menyediakan spot games seperti Play The Beat dan Catch The Goodies. Sejumlah 21 titik akan dikunjungi selama kurang lebih 3 bulan, jadi jangan kelewatan kesempatan menonton Stage Bus Jazz Tour 2018. berikut adalah jadwal Stage Bus Jazz Tour di setiap kotanya.

Lampung Tugu Adipura 28 Juli 2018
Bandung I Paskal Paskal 23 4 Agustus 2018
Tasikmalaya Mayasari Plaza 5 Agustus 2018
Cilegon Cilegon Centre Mall 17 Agustus 2018
Bekasi Summarecon Mall Bekasi 18 Agustus 2018
Cibinong Cibinong City Mall 25 Agustus 2018
Sukabumi Sukabumi Indah Plaza 26 Agustus 2018
Garut Swiss Van Java 31 Agustus 2018
Bandung Ciwalk 1 September 2018
Cirebon Cirebon Superblok 2 September 2018
Purwokerto Hall Java Heritage Hotel 5 September 2018
Semarang Hall DPRD Jateng 8 September 2018
Magelang Grand Artos Mall 9 September 2018
Yogyakarta JWALK 15 September 2018
Solo The Park Mall 16 September 2018
Ponorogo Depan Kantor Bupati Ponorogo 22 September 2018
Surabaya East Coast 29 September 2018
Malang Tugu Balai Kota 30 September 2018
Lombok Lombok Epicentrum Mall 6 Oktober 2018
Jember Jalan Sudarman 13 Oktober 2018
Tanggerang Summarecon Mall Serpong 20 Oktober 2018