Dianggap Menjiplak, Lana Del Rey Dilempar Tuntutan oleh Radiohead

Category: UBV Jakarta Events

GettyImages-686132362-920x584

Oleh: Nabila Putri Friska – – Elizabeth Woolridge Grant, atau yang dikenal dengan nama Lana Del Rey ini merupakan penyanyi asal New York, Amerika. Penyanyi yang akan berumur 32 tahun ini, telah memiliki lebih dari 5 album, yaitu: No Kung Fu (2007), Lana Del Rey (2010), Born To Die (2012), Born to Die: The Paradise Edition (2012), Sirens (2012), Die For Me (2013), Goodbye Kiss (2013), Ultraviolence (2014), Honeymoon (2015), Lust For Life (2017). Selain album, Lana Del Rey juga memiliki beberapa EP dan single.

Saat ini Lana Del Rey tengah menuai kontroversi karena lagunya dianggap menjiplak karya musisi lain. Pada album terbarunya, Lust for Life terdapat lagu berjudul Get Free yang dianggap menjiplak lagu Creep milik band Radiohead. Radiohead melayangkan tuntutan kredit dan royalty kepada Lana Del Rey karena dianggap meniru lagunya tersebut.

10-lana-del-rey-radiohead.w710.h473

Radiohead menggugat Lana Del Rey atas tuduhan pelanggaran hak cipta, dimana lagu Get Free milik Rey mirip dengan lagu Creep mereka yang hits pada tahun 1992. Seorang sumber mengatakan kepada The Sun bahwa keduanya berupaya menyelesaikan masalah agar dibawa ke pengadilan. Sumber tersebut juga menambahkan bahwa tim Radiohead siap menerima kompensasi atau diberi kredit dalam daftar penulis lagu untuk menerima royalti.

Lana Del Rey dalam cuitan twitternya mengelak dirinya menjiplak lagu Creep dan memberitahu bahwa ia telah berusaha menyelesaikannya dengan mengajukan sebuah kesepakatan. “Meskipun saya tahu lagu saya tidak terinspirasi oleh Creep, Radiohead merasakannya dan menginginkan 100 persen royalti. Saya menawarkannya hingga 40 persen beberapa bulan ini, tapi mereka hanya mau menerima 100 persen. Pengacara mereka keras hati, jadi kami menghadapinya di pengadilan,” tambahnya.

 

55a00b4e-5f87-47d8-83ff-ca951c68bcd8

 

Namun, beberapa pekan lalu dikabarkan bahwa dugaan plagiarism tersebut telah selesai. Lagu Get Free kini bisa ia bawakan lagi dipanggung, bahkan lagu tersebut bisa kembali ia masukkan ke dalam albumnya ‘Lust for Life’ yang sebelumnya sempat dihapus. Sayangnya, pihak Lana Del Rey dan Radiohead sampai saat ini belum memberikan pernyataan.

Beberapa sumber mengatakan bahwa pihak Radiohead diduga hanya berupaya menginginkan royalti dari kasus tersebut. Radiohead melalui Publisher musiknya memberikan pernyataan bahwa mereka melakukan negosiasi mengenai hak cipta dengan Lana Del Rey ditambah dengan bantahan bahwa Radiohead meminta dibayarkan royalty sebanyak 100 persen.

 

 

-KEEP IT TOUCH WITH US! -

UBV JAKARTA

Facebook: https://web.facebook.com/ubv.jakarta/ (UBV Jakarta)

Instagram: https://www.instagram.com/ubv_jakarta (ubv_jakarta)

Twitter: https://twitter.com/UBV_JAKARTA (@UBV_JAKARTA)

Youtube: https://www.youtube.com/user/UBV1994 (UBV Jakarta)

 

-UBV RADIO-

Instagram:  https://www.instagram.com/ubvradio (ubvradio)

Twitter: https://twitter.com/ubv_radio (@ubv_radio)

UBV Radio Streaming: http://ubv.upnvj.ac.id/ & http://erdioo.net  (UBV Radio Streaming)

”"