V1MAST Band Pop Rock Etnik Indonesia Raih Penghargaan Spesial di Spanyol

Category: UBV Jakarta Events

V1MAST
V1MAST kembali mengharumkan nama Indonesia di tanah Eropa. Band pengusung genre pop-rock etnik atau yang biasa disebut dengan world music ini bukan hanya berhasil meraih peringkat kedua di festival Musica del Mar – dihelat di Lloret de Mar, Catalunya, Spanyol, 25 hingga 28 Juni silam – tetapi juga didaulat sebagai satu-satunya kontestan yang berhak tampil di konser gala agung dari festival yang digagas oleh perusahaan Spanyol, Fiestalonia Milenio, S.L.U dengan dukungan dari Lloret de Mar Mayor City Hall.

Di acara ini, Viza Mahasa (vokal, gitar, gamelan, dll) dan Vais Randi (drum, sequencer) memainkan sebuah komposisi musik berdurasi 15 menit yang di dalamnya merangkum beberapa single mereka seperti: “Kurikulum Hatiku“, “Budalan“, “Humbase“, “Teman Terkadang Bercinta“, “Muhammad Ali“, dan “Jogja Love Story“. Tampil sebagai penyibak acara puncak, V1MAST berhasil mencuri perhatian penyelenggara hingga mendapatkan penghargaan spesial dari Fiestalonia Milenio sendiri, serta dari Balai Kota Lloret de Mar, Balai Kota Tossa de Mar, Departemen Kebudayaan Tossa de Mar, Department Pariwisata Lloret de Mar, Kementerian Budaya Catalunya, dan asosiasi World of Culture and Charity Fund “Fundacion SOS“.

Sebelum tampil di konser gala agung, V1MAST lebih dulu beraksi di dua panggung berbeda; di babak penyisihan dan di babak konser gala – bersama 99 kontestan lain yang berasal dari Italia, Kazakhstan, Lithuania, Uzbekistan, Rusia, dan Spanyol. Di babak penyisihan yang juga digelar di Concert Hall Auditorium Gran Casino Costa Brava, Lloret de Mar, Girona pada Senin (26/6) lalu, V1MAST berhasil terpilih sebagai salah satu dari 19 konstestan terbaik yang berhak tampil di babak konser gala yang diselenggarakan di Vila Vella – kota berbenteng abad pertengahan yang berdiri gagah di pesisir pantai Catalunya – Tossa de Mar, pada hari berikutnya.

Memainkan komposisi lagu yang lebih lunak dan dengan durasi yang lebih pendek (7 menit) dibandingkan dengan komposisi yang mereka bawakan di babak penyisihan dan konser gala agung, namun tetap dengan kemasan pop rock etnik yang unik dan epik, V1MAST berhasil mencuri perhatian penyelenggara yang akhirnya mendaulat mereka sebagai satu-satunya konstestan yang berhak tampil di konser gala agung, acara puncak dari rangakaian kontes musik dan tari, pada hari penutup. “Terima kasih V1MAST atas penampilannya yang menakjubkan,” ujar Diana, salah satu perwakilan dari Fiestalonia Milenio sesaat setelah Viza dan Vais turun panggung. “Kami harap, kita bisa bertemu lagi tahun depan.”

Ini bukanlah penampilan pertama V1MAST di Eropa. Pada 2016, mereka juga sukses menguncang Bosnia dan Herzegovina di kompetisi musik dan budaya Dukat Fest 2016 yang diikuti 32 negara dimana dalam acara tersebut V1MAST sukses menyabet predikat Best Ensemble Performance. Pada tahun yang sama, mereka juga mendapatkan penghargaan khusus dari Aulia A. Rachman, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko, sebagai musisi yang berhasil membawa musik Indonesia ke pasar internasional di acara Indonesian Trade Expo dan World Music Festival 2016.

Dengan keberhasilan ini, V1MAST berharap musik asli Indonesia semakin dihargai di kandang sendiri, world music Indonesia berjaya di tanah air, masyarakat Indonesia tidak melupakan sejarah, dan mereka pun telah membuktikan bahwa musik kekinian bisa dikombinasikan apik dengan musik tradisional ala V1MAST.

 

Sumber : http://www.rollingstone.co.id