Musik: Sarana Rekreasi atau Kiat Eksplorasi Diri

Category: Music

CbHCu8XW8AA_Cv_

Siapa yang tidak pernah mendengar musik?

Sebuah pertanyaan yang hanya memiliki jawaban tunggal sebenarnya, secara gamblang saya dapat menjawab hanya saudara kita yang difable (Tunarungu) sejak dilahirkan yang tidak pernah mendengar musik. Musik adalah hasil dari harmonsasi beberapa alat yang mengeluarkan bunyi yang dapat dinikmati oleh telinga manusia.

Jika kita berbicara tentang musik, tidak dapat dielakan hubungannya dengan hiburan yang juga berbicara tentang kepuasan pribadi saat menikmatinya. Ini adalah suatu bentuk plesiran yang keberadaannya sangat penting di era hectic seperti sekarang ini. Semua media massa sudah barang tentu menjadikan musik sebagai kontennya (Media cetak: Info tentang musik) guna memberikan hiburan kepada para pemirsanya.

Yang ingin saya tanyakan adalah, Apakah hanya berhenti sampai disitu kegunaan musik untuk anda? Sebuah alat penghilang stres ditengah rutinitas, alat menghabiskan waktu dikala menunggu sesuatu yang tak kunjung tiba, alat pengingat momentum suka ataupun duka dalam perjalanan hidup anda. Tidak salah memang jika itu adalah jawaban yang akan anda utarakan. That’s your choice!

Namun jika “alat” itu anda gunakan setiap hari dalam sebagian besar hidup anda, bukankah itu akan melatih indera pendengaran anda dalam mendengarkan, memahami, menghayati bahkan mengaplikasikan makna dari setiap sajaknya dalam kehidupan anda. Itu berarti anda telah memiliki kemampuan dari sesuatu yang secara tidak sadar anda pelajari secara intens dan berulang. Bukankah anda merugi atas waktu yang terbuang untuk mendengarkan musik jika tidak menjadikannya sesuatu kelebihan anda?

Dan bukankah para pencipta dari musik yang anda dengarkan secara berkala itu awalnya juga seorang pendengar musik pasif? mereka mengubah sudut pandang dari yang awalnya pendengar menjadi “didengar”. Itu semua karena awalnya mereka berani dan berhasil mengeksplorasi diri mereka menjadi sesuatu yang lebih. Hal tersebut sangat mungkin juga menjadi jalan hidup anda jika anda memiliki minat yang lebih terhadap bidang musik.

Banyak ranah yang dapat anda pilah dalam bidang musik dan sangat mungkin anda jadikan karir. Selain menjadi pencipta atau pemain musik, anda juga dapat menjadi manajer seorang artis musik, penggagas event musik, peramu rekam sebuah album musik, pengamat musik profesional atau bahkan jurnalis musik dan masih banyak lagi. Semua pekerjaan tersebut juga pastinya berlandaskan atas kegemaran akan musik, dan itu semua sah-sah saja.

Tentunya semua akan kembali kepada anda, akankah musik yang telah mengisi kehidupan anda hanya menjadi sarana rekreasi yang tidak menghasilkan apa-apa atau malah bisa anda jadikan cara bereksplorasi (karya) atas dasar pengalaman kehidupan yang dapat dinikmati oleh banyak orang dan justru menjadikan sumber penghasilan anda dimasa yang akan datang.

 

“If I were not a physicist, I would probably be a musician. I often think in music. I live my daydreams in music. I see my life in terms of music.”  ― Albert Einstein

Sumber: http://winduwicaksono.blogspot.co.id/