Shaggydog Siap Tampil di SXSW Amerika Serikat 2016

Category: MusicMusic Events

Shaggydog adalah sebuah band yang terbentuk pada Tanggal 1 juni 1997 di Sayidan, sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai di tengah kota Jogjakarta. Band yang beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik dan Yoyo’ ini sepakat untuk menyebut musik yang mereka mainkan sebagai “Doggy Stylee”, yaitu perpaduan antara beberapa unsur musik seperti ska, reggae, jazz, swing dan rock. Shaggydog dipengaruhi oleh band-band seperti Cherry Poppin Daddies, Hepcat, Bob Marley, dan Song Beach Dub Allstars.

Shaggydog menjadi salah satu band Indonesia yang cukup berpengalaman dalam menggelar tur konser di luar negeri. Sebelumnya pada 2006, mereka sempat menjalani tur sebelas kota di Belanda. Lalu tiga tahun setelahnya giliran Australia yang disambangi oleh Shaggydog yang kini sudah genap berusia delapan belas tahun tersebut.

vokalis Heruwa bercerita tentang bagaimana tawaran panggung di SXSW yang datang sejak awal 2015 lalu. “Kami kan ada label rekaman yang juga sekaligus menjadi agen internasional, Doggyhouse Records, awalnya kami mengirimkan kepada pihak SXSW mulai dari video, lagu, juga profil Shaggydog, Dari situ, pihak SXSW membalasnya dengan tawaran manggung di sana,” jelas Heru yang mengatakan bahwa pihak SXSW akhirnya memberi kepastian kepada Shaggydog pada akhir 2015 lalu.”

Selain keenam personel, Shaggydog juga akan ditemani oleh seorang sound engineer serta seorang videographer. Heru mengaku keberangkatan Shaggydog ke Amerika Serikat ini juga mendapat dukungan dari pihak pemerintah, khususnya Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang berlokasi di Houston, Amerika Serikat.

Sumber: http://www.rollingstone.co.id/