David Bowie Segera Rilis Dua Lagu Baru dan Kompilasi Karier 50 Tahun

Category: Music

DavidBowie_Press_300713-552x360

David Bowie akan merilis dua lagu baru akhir tahun ini  dalam kompilasi yang mewakili perjalanan kariernya berjudulNothing Has Changed. Album ini berisi sejumlah hit dan lagu-lagu yang belum pernah dirilis selama 50 tahun berada di kancah musik dunia.

Salah satu lagu baru, “Sue (Or a Season in Crime)”, yang direkam Bowie bersama produser Tony Visconti, akan tersedia dalam B-side album. Sementara “Tis a Pity She’s a Whore” hanya akan tersedia dalam single 10-inch “Sue” serta unduh digital. Keduanya dirilis di Amerika pada 28 November 2014. Album kompilasinya sendiri, yang muncul dalam berbagai format, dilepas lebih cepat, 18 November mendatang.

Penyusunan lagu dalam album dilakukan secara terbalik dari waktu rilis asli masing-masing lagu. Nothing Has Changed, yang berasal dari lirik lagu “Sunday” dari album tahun 2002, Heathen, berisi lagu-lagu yang merepresentasikan Bowie dari tiap-tiap era.

Berawal dari “Sue” dan lagu dari album tahun silam, The Next Day, kompilasi ini memajang karya Bowie yang masuk kategori populer, termasuk “Space Oddity”, “Rebel Rebel”, “Ziggy Stardust”, “Let’s Dance”, dan berakhir di singledebutnya, “Liza Jane”, yang diluncurkan Bowie di usianya yang ke-17 pada 1964 dengan nama Davie Jones and the King Bees. Susunan lengkap lagu bisa dilihat di situs Bowie.

Nothing Has Changed juga akan memasukkan tiga lagu dari sesi album Toy yang belum sempat dirilis. Tiga lagu itu adalah “Let Me Sleep Beside You”, “Your Turn to Drive”, dan “Shadow Man”. Album ini merupakan batu loncatan Bowie menuju album-albumnya di akhir 60-an dan 70-an (seperti “Liza Jane”).

Kompilasi ini menyusul peringatan akan karya-karya Bowie yang tengah berlangsung di Museum of Contemporary Art di Chicago dengan eksibisi bertajuk David Bowie Is yang menampilkan foto, kostum, dan benda-benda lain dari arsip penyanyi berusia 67 tahun tersebut. Pagelaran ini juga menyiarkan dokumenter David Bowie Is, yang tayang perdana beberapa waktu lalu di Victoria and Albert Museum di London. Film ini rencananya akan tayang di seluruh bioskop di Amerika Serikat.