MAU BIKIN LIRIK BAGUS? JANGAN MALAS CORAT-CORET

Category: Music

Mau-Bikin-Lirik-Bagus-Jangan-Malas-Corat-Coret_haibaru650x431

Bagian terpenting dalam sebuah lagu adalah lirik. Tanpa lirik, lantuan instrumental bakal terdengar ngantuk dan bikin bosan.

So, nggak heran dalam setiap penggarapan sebuah lagu, proses songwriting jadi tahapan yang sangat ditunggu-tunggu. Karena jelas, itu yang mereka ingin jual, di samping musiknya.

Tapi nggak banyak musisi yang memiliki kemampuan menulis lirik dengan baik. Mereka selalu terjebak dalam dua hal, tuntutan pasar mainstream dan kemauan diri sendiri.

Alhasil, banyak sekali lirik-lirik lagu yang nggak sempurna dan terkesan mentah. Jadi, buat meluruskan semua, HAI coba ngobrol bareng salah satu komposer dan songwriter handal di Indonesia, Yovie Widianto.

Buka Cakrawala Berpikir

Terkadang, saat kita mulai menulis sebuah lagu dengan cara menuangkan apa yang kita inginkan ke dalam empat hingga delapan bait lirik, pasti ada harapan pesan yang kita ingin sampaikan keluar tersendiri. Tetapi itu salah!. “Usahakan tulis apa yang ada di dalam pikiran tanpa memikirkan dulu struktur lagunya bagaimana.,” jelas Yovie. Jangan sampai, kita terkurung dalam kata-kata yang ada.

Latih Nalar

Menulis lirik layaknya seorang balita tengah belajar berjalan. Harus ada repetisi di setiap hari demi membiasakan nalar atau kesadaran pikiran kita akan hal di sekitar. “Jadi, pilih deh satu benda yang ada di sekitar kalian tiap hari. Terus tulis dan gambarkan benda tersebut selama 10-15 menit di atas kertas tanpa henti,” ucapnya. Latihan ini berguna melatih otak buat menjadi kreatif.

Mulai Cari Objek Utama

Nah, ketika nalar menulis kita sudah terlatih. Saatnya memilh apa sih yang mau diangkat dalam sebuah lagu. Tapi ingat, tulis sebuah cerita dulu sepanjang-panjangnya. Karena sebuah lagu merupakan ringkasan dari sebuah cerita yang detil yang tidak memiliki rima. Objeknya bisa tentang seorang cewek atau hewan atau apalah.

Lirik Bagus Nggak Datang Dari Satu Draft

Banyak sekali penulis-penulis lirik amatir menganggap lirik pertama yang mereka tulis adalah yang paling sempurna. Atau ada juga yang sudah menyerah saat lirik pertamanya terlihat kurang sempurna. Bagi para penulis lirik profesional, re-writing adalah sebuah kewajiban. Mereka nggak bakal menerjunkan karya di draft pertama mereka buat dijadikan lirik yang siap rekam. So, re-write it and make it perfect!

Hati-Hati Dalam Berekspresi

Pernah mendengar kalimat “I want to feel free” dalam sebuah lirik lagu?. Emosi yang kompleks seperti itu biasanya sulit digambarkan secara jelas. “Hindari kalimat yang mengandung sisi emosional yang absrak. Biasakan saja menggunakan sebuah imajinasi untuk menghantarkan emosi yang ingin disampaikan,” jelas Yovie. Jadi, dengan mudah pesan yang ingin disampaikan sang lirik bisa terlihat.

 

 

Sumber: http://hai-online.com/Hai2013/Entertainment/Music/News/Mau-Bikin-Lirik-Bagus-Jangan-Malas-Corat-Coret